ADVOKAT  

Rio Waida Warga Negara Indonesia Juara I QS5000 Men’s Category Nias Pro 2023

Foto: Rio Waida saat sedang berselancar di Pantai Sorake. (Sumber: Saron T)
banner 120x600

Nias Selatan, Luahagundre Maniamölö, Cahayapost.com.

Peselancar profesional Indonesia, Rio Waida, berhasil mengalahkan saingannya Tully Wylie dari Australia pada Babak Final Surfing di Pantai Sorake, Desa Botoholi Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamölö, Kab. Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara, pada ajang Nias Pro 2023, Minggu (17/09/2023).

ADVOKAT

Seperti diketahui, sebelumnya Rio Waida merupakan seorang peselancar profesional berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2019 lalu, ia pernah meraih medali perak untuk Indonesia pada Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berlangsung di Filipina, sedangkan medali emas diraih oleh sesama peselancar Indonesia, Oney Anwar.

Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang masuk ke babak final Kejuaraan World Surf  League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 setelah 27 orang peselancar terbaik Indonesia lainnya berhenti di babak-babak sebelumnya.

Di babak final kali ini, Rio Waida menantang dan beratraksi di atas papan selancar dengan sangat sempurna. Aksi pertamanya berhasil mencetak skor terbaik di moment ini, 8,77 dan terakhir 9,60. Dari 7 gelombang yang ditantangnya, Rio kumpulkan skor 18,37, hampir sempurna dari target 20.

Sementara saingannya peselancar profesional Tully Wylie dari Australia dari 7 kali gelombang yang diambil, dia hanya mampu menghasilkan nilai terbaik 6,73 dan 7,50. Setelah melalui waktu 30 menit di atas air, ia berhasil mengumpulkan skor 14,23.

Para penonton di Pantai Sorake bersorak bahagia menyerukan nama Rio yang memimpin putaran pertama di babak ini, sejumlah bendera Indonesia dikibarkan di Pantai Sorake. Sesampainya di pantai, Rio langsung disambut oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., Wakil Bupati Nias  Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H., Forkopimda Nias Selatan, Kepala Disbudparpora Nias Selatan, Anggreani Dachi, Panitia WSL, dan PSOI.

Rio menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia, selain karena menang  dia juga sangat bahagia bisa datang untuk pertama kali menjelajahi ombak di Pulau Nias.  Rio juga menyampaikan bahwa Ombak Nias sangat baik bahkan terbaik di dunia.

“Saya sangat bahagia karena bisa berada di sini. Ini pertama kali saya ke Nias. Ombaknya sangat bagus, terbaik di dunia” ujar Rio.

Adapun hasil daftar keseluruhan nama pemenang dari 198 peserta yakni sebagai berikut:

 

Pro Junior Mens

1st = Yahagi,Monnojo JPN

2nd =Iwami,Tenshi JPN

3rd = Vincent,Winter AUS

4th = Earle,Jarvis AUS

 

Pro Junior Womens

1st = Kawase,Cocona JPN

2nd = McCaffray,Ella USA

3rd = Tsuzuki,Nanaho JPN

4th = Sato,Sumomo JPN

 

QS5000 Womens

1st = Anderson,Philippa AUS

2nd = Hareb,Paige NZ

3rd = Prumm,Freya AUS

3rd = Smart,Rosie AUS

 

QS5000 Mens

1st = Waida,Rio INA

2nd = Wylie,Tully AUS

3rd = Thomas,Jack AUS

3rd = Berry,Oscar AU (Saron T)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT