Tiga Pilar Kecamatan Tandes Melaksanakan Giat Patroli Asuhan Rembulan Untuk Menjaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan.

Foto: Camat Tandes, Kapolsek Tandes, bersama Ketua RW 06 Manukan Kulo. (Sumber: Rendra)
banner 120x600

Surabaya, Cahayapost.com.

Minggu, 26 Maret 2023.

ADVOKAT

Dalam upaya menciptakan situasi dan kondisi aman di wilayah hukum Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur, 3 Pilar yang meliputi Pemerintah Kecamatan, Polsek dan TNI melaksanakan kegiatan patroli asuhan rembulan untuk cipta kondisi aman. Kegiatan ini telah dimulai Sabtu (25/3/2023) malam.

Kegiatan Patroli Asuhan Rembulan ini digelar dengan sasaran adalah tempat-tempat dimana anak anak usia remaja sedang berkumpul setelah usai melaksanakan shalat terawih tidak langsung pulang ke rumah dengan melakukan kegiatan secara berkelompok di pinggiran jalan, yang disinyalir dapat mengganggu para pengguna jalan khususnya kamtibmas.

Tujuan dilaksanakan Patroli Asuhan Rembulan ini adalah memberikan pesan-pesan Kamtibmas (keamanan, ketertiban masyarakat) terhadap masyarakat melalui orang tua, khususnya kepada anak anak usia remaja, ketika selesai shalat terawih agar di himbau untuk segera pulang kembali ke rumah masing masing, tidak melakukan kegiatan kegiatan lain yang mengganggu kamtibmas.

Camat Tandes, Febri Adhitya Prajatara, S.Stp., M.Si menyampaikan kepada seluruh masyarakat wilayah Kecamatan Tandes, khususnya di wilayah Kelurahan Manukan Kulon melalui orang tuanya agar anak anak sadar diri ketika sudah larut malam kembali pulang ke rumah masing masing, terutama setelah selesai melaksanakan shalat terawih.

“Jangan sampai terjadi kembali seperti beberapa waktu lalu adanya perang sarung antar anak anak remaja di Manukan Kulon, secara hukum akan berdampak dan juga terganggunya Kamtibmas serta ketenteraman warga” ujar Camat dalam kesemepatan itu.

Sementara itu, Kapolsek Tandes, Kompol. Zulkiply Ahyat Musa S.I.K, pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan Patroli Asuhan Rembulan yang dilakukan saat ini adalah merupakan salah satu  bentuk patroli dialogis dan humanis yang dilaksanakan pada malam hari dengan memberikan pesan-pesan Kamtibmas serta mengajak masyarakat, terutama para orang tua untuk membantu aparat Kepolisian guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing, untuk mengawasi anak anak agar tidak melakukan kegiatan yang mengganggu Kamtibmas pada waktu malam hari, sehingga dalam bulan ramadhan ini segala aktifitas masyarakat terlaksana dengan kondisi yang nyaman dan aman.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPMK Manukan Kulon, Wasito, menghimbau kepada Ketua RW 01 sampai dengan RW 15 Kelurahan Manukan Kulon agar bersama sama saling menjaga Kamtibmas, karena kamtibmas merupakan tanggung jawab di wilayah masing masing, terutama peran serta orang tua dalam mengawasi anak anaknya setelah selesai sholat terawih agar langsung pulang ke rumah, mengingat beberapa hari lalu terjadi perang sarung antar anak anak di wilayah Manukan Kulon.

Pada giat Sabtu (25/3/2023) malam tersebut, Patroli Asuhan Rembulan oleh 3 Pilar Kecamatan Tandes berkesempatan mengunjungi Balai RW 06 Kelurahan Manukan Kulon.

Ketua RW 06 Manukan Kulo, Suryo Prabowo pada kesempatan itu juga menyambut baik giat ini, dan mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan Patroli Asuhan Rembulan ini secara rutin, dapat membuat masyarakat dan sekitarnya sadar dan mematuhi segala arahan serta himbauan yang sudah disampaikan oleh 3 pilar, sehingga kondisi Kamtibmas secara nyata dapat terjaga dan terpelihara dengan baik dan kondusif, khususnya di bulan ramadhan ini. (Rendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT