ADVOKAT  

DPD Carateker KNPI Kota Gunungsitoli Tanam Bibit Mangrove di Pantai Muara Indah.

Foto : Foto bersama Ketua Caretaker DPD KNPI Kota Gunungsitoli bersama pengurus dan Pemdes Teluk Belukar (Sumber: YasG)
banner 120x600

Gunungsitoli, Cahayapost.com

Jum’at, 28 Oktober 2022.

ADVOKAT

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Carateker Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Gunungsitoli, melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove di Pantai Muara Indah, Desa Teluk Belukar, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara, Jumat (28/10/22).

Penanaman ini dilaksanakan oleh segenap Pengurus DPD Carateker KNPI Kota Gunungsitoli dan dihadiri mewakili Kepala Desa Teluk Belukar dan beberapa Perangkat Desa Teluk Belukar.

Nopedi Laoli, Ketua DPD Carateker KNPI Kota Gunungsitoli pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memaknai moment dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun sesuai dengan tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’.

“Artinya, perjuangan Rakyat Indonesia tidak lagi bersifat sendiri-sendiri, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat dan kekuatan itu adalah semangat bersama yang dimiliki oleh Pemuda” kata Nopedi.

Ia menjelaskan, tujuan utama penanaman pohon mangrove saat ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya Pemuda bahwa iklim kita itu harus di rawat karena mangrove adalah tumbuhan penghasil oksigen (O2) terbanyak dan penyerap gas karbondioksida, sehingga bisa mengurangi namanya polusi udara dan juga penghijauan dimana kita lihat saat ini hutan kita sudah mulai gundul akibat penebangan sembarangan.

Dilanjutkan lagi, peran pentingnya pohon mangrove ini untuk menahan abrasi atau mengurangi pengikisan tanah dan akar mangrove juga sebagai tempat berkembangnya kepiting bakau dan biota laut lainnya.

“Manfaat lain dari tumbuhan mangrove dapat diolah menjadi pewarna batik, jadi tepung, sirup, alat kosmetik dan olahan lainnya” tutur Nopedi Laoli.

Pada moment tersebut DPD Carateker KNPI Kota Gunungsitoli menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pemuda Kota Gunungsitoli khususnya dan pemuda Nias pada umumnya untuk tetap menjaga lingkungan dan menghindari penebangan pohon mangrove dengan sembarangan.

“Secara undang-undang juga telah diatur bahwa mangrove adalah tumbuhan yang dilindungi dan tidak boleh dirusak” jelasnya.

Pantauan dilokasi, ada sebanyak 200 bibit pohon mangrove telah disediakan DPD Carateker KNPI dan secara simbolis telah diserahkan kepada Pemerintah Desa Teluk Belukar untuk melanjutkan penanaman.

Semengtara itu, mewakila Kepala Desa Teluk Belukar, Kepala Dusun II, Aliran Zendrato sangat mengapresiasi dan menyambut baik Pengurus DPD Carateker KNPI Kota Gunungsitoli telah berupaya untuk membangun kesadaran masyarakat lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

“Tentu, kami berharap semakin banyak anak muda yang berani beraksi untuk mempertahankan kelestarian laut dan hutan yang tersisa khususnya di Kepulauan Nias ini, dan hal ini kita akan lakukan himbauan khususnya di Desa Teluk Belukar agar selalu melestarikan pohon mangrove, kedepan kita akan melanjutkan penanaman” ucap Aliran Zendrato. (YasG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT