Bupati Nias Serahkan Langsung Alsintan Kepada Kelompok Tani di Sömi

Foto: Bupati Nias Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.Si. menyerahkan Alsintan kepada Kelompok Tani Tuwuni, Desa Sömi (Sumber: F.Hal)
banner 120x600

Gidö, Nias, Cahayapost.com

Jum’at, 28 Oktober 2022.

ADVOKAT

Bupati Nias Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.Si. menyerahkan secara langsung Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Tuwuni di Desa Sömi, Kecamatan Gidö, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (26/10/2022)

Ya’atulö Gulö dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa isu hangat saat ini adalah ancaman global di tahun 2023, dimana kondisi perekonomian dunia diprediksi tidak baik sehingga memungkinkan terjadinya krisis pangan global.

“Salah satu strategi menghadapi ancaman tersebut adalah dengan memperkuat ketahanan pangan melalui peningkatan produksi dan produktivitas pertanian” ujar Bupati Nias.

Dikatakannya lagi, dalam meningkatkan kemampuan petani dalam pertanian, Pemerintah Kabupaten Nias berkomitmen dan terus berupaya untuk membantu mesin petani melalui fasilitas alat, baik saat pra maupun pasca panen sekaligus menghindari terjadinya potensi gagal panen.

Bupati Nias juga mengatakan mengatakan bahwa pada tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Nias akan menyalurkan bantuan Power Threser sebanyak 26 unit, yakni: Kecamatan Bawölato 7 unit, Kecamatan Idanögawo 5 unit, Kecamatan Sogaeadu 4 unit, Kecamatan Gidö 6 unit, Kecamatan Ulugawo 2 unit, dan Kecamatan Botomuzoi 2 unit.

Selain itu, lanjutnya, pada tahun ini juga Pemerintah Kabupaten Nias telah menyalurkan bantuan benih unggul kepada Kelompok Tani di sentra-sentra produksi dan menambah alokasi pupuk bersubsidi dan telah menghasilkan hasil dengan mendapatkan alokasi tambahan sebanyak 1.000 ton, diantaranya 500 ton Urea dan 500 ton NPK.

“Kementerian Pertanian juga telah mengalokasikan 2 unit Hand Traktor, 2 unit jalan usaha tani dan 3 unit rehabilitasi jaringan irigasi tersier untuk Kabupaten Nias pada tahun ini, dan bantuan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Nias dalam meningkatkan produktivitas pertanian sebagai mana misi ke-3 yaitu: petani, peternak dan nelayan produktif” jelas Ya’atulö Gulö.

Bupati Nias berpesan kepada Kelompok Tani penerima manfaat agar alat yang diterima dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik, tidak diperjualbelikan dan seluruh jajaran Dinas Ketahanan Pangan agar selalu mengawal dan mendampingi dengan baik agar alat dan mesin yang telah dibagikan dapat memberikan hasil yang baik bagi petani.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Tuwuni, Ordeli Halawa mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Nias atas pemberdayaan Kelompok Tani di Kabupaten Nias, khususnya Kelompok Tani Tuwuni, Desa Sömi, Kecamatan Gidö melalui pengadaan Alsintan.

“Harapan kami kedepannya sebagai masyarakat tani agar Pemerintah Daerah terus mendampingi dan mendukung kegiatan pertanian di Kabuapten Nias, serta pembangunan irigasi di daerah persawahan agar perekonomian masyarakat dapat meningkat” ujar Ordeli. (F.Hal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT