ADVOKAT  

Babinsa Jadi Irup di SMP N 1 Mandrehe Utara.

Foto: Upacara penaikkan bendera di SMP N 1 Mandrehe Utara saat dipimpin Babinsa Yuris Waruwu (Sumber: NofL)
banner 120x600

Mandrehe Utara, Nias Barat, Cahayapost.com.

Rabu, 30 Nopember 2022.

ADVOKAT

Setiap hari Senin biasanya upacara penaikkan bendera di SMP N 1 Mandrehe Utara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, namun ada yang tak biasa pada kegiatan upacara yang digelar pada Senin (28/11/2022), yang diadakan di halaman SMP Negeri 1 Mandrehe Utara, Babinsa Koramil 08 Mandrehe, Kodim 0213/Nias, Yuris Waruwu menjadi Inspektur Upacara (Irup) disekolah ini dengan diikuti oleh para siswa/I, guru dan Kepala Sekolah.

Dalam amanatnya pada upacara itu, Yuris Waruwu menyampaikan berbakti kepada orang tua adalah cermin berbakti kepada NKRI. Berikut amanat selengkapnya.

Bertutur kata yang lembut. Jagalah tutur kata kita saat berbicara kepada orang tua supaya mereka tidak merasa sakit hati atau tersinggung. Hindari kata-kata dan ucapan yang bernada tinggi, terlebih kata-kata yang tergolong kasar.

Membantu menyelesaikan pekerjaan uumah. Sebagai seorang anak yang ingin berbakti kepada orang tua, kita bisa memulainya dengan cara membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Banyak dari kita yang tidak sadar bahwa ada banyak aktivitas orang tua, terutama pekerjaan rumah yang di kerjakan oleh ibu, dimana sebenarnya hal tersebut sangat melelahkan.

Patuh terhadap perintah orang tua. Apabila orang tua kita meminta bantu kepada kita, dimana hal tersebut bisa kita lakukan, maka jangan sampai kita menunda atau bahkan menolaknya jika kita memang tidak ada hal lain yang mendesak. Bayangkan saja, orang tua kita sudah melayani kita anak-anaknya sejak bayi tanpa pernah mengeluh dan penuh dengan kesabaran dan juga kasih sayang. Jadi sangat tidak pantas jika kita selalu menolak perintah orang tua atau bahkan malas-malasan dalam melakukan perintah mereka.

Bersikap sopan kepada orang tua. Tidak hanya soal ucapan saja yang wajib kita jaga kelembutan serta kesantunannya. Akan tetapi, kita juga harus menjaga sikap kita terhadap orang tua.  Usahakan untuk selalu bersikap sopan dan santun kepada mereka. Misalnya saja, mengucapkan salam ketika masuk rumah atau keluar rumah. Selain itu, ada hal penting lain yang harus kita jaga, yaitu jangan bersikap kurang ajar kepada orang tua walaupun kita sedang dalam keadaan marah atau kecewa.

Selalu sabar dan tahan amarah. Umumnya, semakin bertambah usia orang tua kita, maka akan semakin rewel sikap yang mereka tunjukkan. Ada istilah bahwa semakin tua seseorang maka mereka akan kembali bersikap layaknya anak kecil. Terkadang hal tersebut juga dipicu karena kondisi kesehatan tidak prima. Yang sudah kadang-kadang semakin bertambahnya usia orang tua dan renta, mereka justru akan semakin mudah marah dan sensitif.

Memberikan hadiah kepada orang tua. Untuk memberikan sedikit apresiasi atau sedikit kebahagiaan kepada orang tua, kita bisa melakukannya dengan memberi hadiah pada mereka. Hadiah yang kita berikan tidak harus suatu barang yang mahal, yang penting bisa membahagiakan mereka. Sebenarnya, orang tua tidak berharap untuk diberi apapun dari anaknya.

Tidak pernah menyia-nyiakan kerja keras orang tua. Dizaman yang sudah serba modern ini, banyak kita dapati anak-anak yang tidak bisa menghargai perjuangan serta kerja keras orang tua mereka dalam memberi nafkah anaknya, menyekolahkan anak-anaknya, dan hal-hal lain yang sebenarnya itu adalah perjuangan mereka dalam membuat anaknya menjadi lebih baik lagi. Salah satu diingat kepada orang, surga berada di bawah telapak kakinya ibu.

Menghormati pilihan orang tua. Sebagai seorang anak, tentunya kita akan berselisih ataupun beda pendapat dengan orang tua.  Terkadang orang tua mempunyai pilihannya sendiri. Tak jarang mereka juga memiliki opini atau pendapat mereka sendiri. Jadi, apapun keputusan yang mereka pilih, sebagai seorang anak kita harus tetap menghormatinya.

Patuh kepada guru, orang tua serta Tuhan Yang Maha Esa dan terus rajin belajar.

Harapan kami supaya kedepan, hal yang positif ini dapat ditingkatkan, berjalan lebih hikmat dan baik serta bisa memberikan motifasi dan semangat baru kepada murid-murid. (NofL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT