Cahayapost.com Adakan Pelatihan Jurnalistik Gratis di Awal Tahun 2024.

Foto: Pelatihan Jurnalistik Cahayapost.com 2024 (Sumber: Bung Fakha)
banner 120x600

Penulis: Bung Fakha / Faahakhododo Telaumbanua, S.H., C.PS., C.NS., C.IW.

Lasara Sawo, Kab. Nias Utara, Prop. Sumatera Utara, 07 Januari 2024.

ADVOKAT

 

Media Online Nasional Cahayapost.com kembali mengadakan pelatihan Jurnalistik di awal tahun 2024 ini. Pelatihan kali ini diadakan secara gratis atau tidak memungut biaya apapun dari peserta. Pelatihan ini telah dimulai pada Jum’at, 04 Januari 2024, dan akan berakhir nantinya di hari Sabtu, 13 Januari 2024. Waktu ini bisa bertambah jika ternyata ada beberapa kendala, dan atau waktu diskusi perlu diperbanyak.

Peserta pelatihan kali ini bukan hanya para Wartawan di Media Cahaya Group (Cahayapost.com dan Sinaryaahowu.com), tetapi Redaksi juga mengikutsertakan beberapa organisasi yang punya hubungan kerja dengan Cahayapost.com. Adapun peserta lainnya, para Advokat dari Kantor Hukum Bung Fakha & Rekan, para Advokat dan Paralegal dari Lembaga Bantuan Hukum Cahaya Keadilan Masyarakat (LBH CKM), dan para Aktivis dari LSM F-PON (Front Pembela Ono Niha) dan LSM L-SINARY (Lembaga Pers dan Informasi Publik Sinar Ya’ahowu).

Pelatihan ini diasuh sendiri oleh Pendiri dan Pimpinan Redaksi Media Online Nasional Cahayapost.com, Bung Fakha / Faahakhododo Telaumbanua, S.H., C.PS., C.NS., C.IW., atau Penulis sendiri sebagai trainer tunggal. Penulis sendiri adalah Advokat / Pengacara, dan berbagai keahlian pendukung lainnya, yakni: Penulis, Public Sepaking / Orator / MC, Negosiator, Organisator, Bisnisman, Pengajar, Trainer, Aktivis, Fasilitator Pendidikan Keluarga, Penggiat Pengembangan dan Perlindungan Anak, dll.

Pelatihan ini bertujuan berbagi ilmu kepada para Wartawan Media Cahaya Group, meningkatkan kapasitas para Wartawan Media Cahaya Group agar memiliki bekal ilmu jurnalistik yang memadai, sehingga kedepan bisa menjadi Wartawan yang professional, baik selama bergabung di Media Cahaya Group, ataupun nanti pindah ke Media lain. Juga berbagi ilmu kepada para Advokat di Kantor Hukum Bung Fakha & Rekan, Advokat dan Paralegal di LBH CKM, para Aktivis di LSM F-PON dan LSM L-SINARY, sehingga punya pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia jurnalistik, dan jika tertarik, maka bisa menambah kegiatan lainnya menjadi Wartawan / Jurnalis di Media Cahaya Group atau di Media lainnya.

Penulis sendiri yang juga sebagai Trainer pelatihan ini, tidak mengharuskan semua peserta untuk menjadi Wartawan Media Cahaya Group setelah pelatihan ini. Peserta bebas memilih akan berkarir di Media mana. Penulis sendiri hanya berharap bahwa orang orang yang pernah bergabung di Media Cahaya Group dan yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa menjadi Wartawan professional yang handal dan diperhitungkan kedepan, baik itu sebagai profesi utama ataupun sebagai profesi sampingan disamping profesi lainnya.

Adapun materi yang diajarkan dalam pelatihan kali ini:

  1. Pengertian dan Sejarah Pers
  2. Hukum Pers
  3. Kode Etik Jurnalistik (KEJ)
  4. Tekhnik Reportase dan Wawancara
  5. Tekhnik Menulis Berita
  6. Bahasa Jurnalistik
  7. Fotografi dan Video Jurnalistik
  8. Menulis Artikel dan Opini
  9. Managemen Redaksi
  10. Sekilas Tentang UU KIP
  11. Sekilas Tentang ITE.

Semoga ilmu dan pengalaman yang terbagi kepada peserta selama pelatihan ini, bisa bermanfaat buat peserta, Redaksi Media Cahaya Group, masyarakat, daerah, Bangsa dan Negara.

 

 

* Penulis, Bung Fakha / Faahakhododo Telaumbanua, S.H., C.PS., C.NS., C.IW., saat ini adalah Advokat (Pimpinan Kantor Hukum Bung Fakha & Rekan, dan Direktur LBH Cahaya Keadilan Masyarakat / LBH CKM), Ketua DPC Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI) Kep. Nias, Jurnalist (Pendiri dan Pimpinan Redaksi Media Onlien Nasional Cahayapost.com, Media Online Sinaryaahowu.com), Direktur PT. Media Cahaya Sarara Teholi, Ketua Umum DPP LSM F-PON, Direktur Eksekutif LSM L-SINARY, Penggiat Perlindungan Anak (Sekretaris Pusat Pusat Pengembangan Anak / PPA BNKP Jemaat Figalame), Sekretaris BPD Lasara Sawo, Pengajar / Pemateri Diklat Jurnalistik di Media Cahaya Group, Pengajar / Pemateri di Diklat Paralegal LBH CKM, Pengajar / Pemateri PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) HAPI, dan sejumlah aktifitas lainnya. Sebelumnya juga pernah mendirikan Koran TKP, Koran Sinar Ya’ahowu, Majalah Sinar Ya’ahowu, dan Media Online Umum Cahayapena.com, pernah aktif di beberapa organisasi lainnya, dan termasuk di Partai Politik. Selain menulis berita fakta, juga sudah banyak menulis opini, cerpen, dan puisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT