Sejumlah Masyarakat Desa Lasara Sawö Minta Bupati Segera Ganti Pj. Kades Lasara Sawo.

Foto: Atöni Telaumbanua (kanan) saat menyerahkan surat pengaduan masyarakat kepada Bupati Nias Utara yang diterima oleh Yanuli Waruwu (Sumber: Bung Fakha)
banner 120x600

Lotu, Nias Utara, Cahayapost.com.

Selasa, 04 April 2023.

ADVOKAT

Sejumlah masyarakat Desa Lasara Sawö, Kecamatan Sawö, Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara, surati Bupati Nis Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd., meminta agar Pj. Kepala Desa Lasara Sawö Fidelis Telaumbanua, S.Pd.,SD. Segera diganti.

Dalam surat yang disampaikan kepada Bupati Nias Utara tersebut, masyarakat Lasara Sawo menyampaikan beberapa alasan permintaan pergantian Pj. Kades yang telah diangkat sejak Desember 2022 ini yakni:

  1. Sampai saat ini Rancangan APBDes Lasara Sawö TA. 2023 belum disusun, dan belum ditetapkan, sehingga masyarakat Desa Lasara Sawö sangat merasa dirugikan, dimana penerimaan BLT-DD, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni, pembangunan beberapa ruas jalan desa menjadi terhambat, dan diduga tidak akan bisa terlaksana lagi di tahun 2023 ini.
  2. Kepala Desa Lasara Sawö diduga jarang aktif di kantor, berdasarkan informasi dari beberapa aparat desa dan masyarakat, bahwa ianya diduga hanya datang ke kantor Desa pada hari Rabu dan Kamis, dan terkadang juga tidak hadir.
  3. Kepala Desa Lasara Sawo jarang menghadiri acara suka duka di wilayah Desa Lasara Sawo.
  4. Diduga telah mengacaukan pemetaan dan pemilihan pengurus RT / RW di Desa Lasara Sawö, termasuk yang terjadi di Dusun II Desa Lasara Sawö, dimana telah diadakan dua kali pemilihan pengurus RT / RW, namun sampai saat ini belum ada pengurus RT / RW yang baru disahkan, sementara sudah ada yang terpilih.
  5. Kepala Desa Lasara Sawö diduga tidak menyampaikan informasi-informasi dari Kabupaten kepada BPD Lasara Sawö, seperti halnya tidak memfasilitasi pengiriman data rekening bank BPD Lasara Sawö ke Pemerintah Daerah Nias Utara.
  6. Hingga saat ini, BUMDes dan PAUD di Desa Lasara Sawö tidak bisa diambil alih dan dikelola oleh Pemerintah Desa Lasara Sawö, bahkan sejumlah aset Desa diduga tidak dapat diambil alih oleh Pj. Kades Lasara Sawö dari mantan Kades Lasara Sawö.

 

“Untuk itu, demi menyelamatkan Desa Lasara Sawo agar tidak semakin terpuruk dan kacau, maka dengan ini kami memohon kepada Bapak Bupati Nias Utara kiranya berbesar hati dan berkenan untuk mengganti Penjabat Kepala Desa Lasara Sawo a.n. Fideli Telaumbanua, S.Pd.SD, dan mengangkat Pj. Kepala Desa Lasara Sawo yang baru dari PNS asal Desa Lasara Sawo” ujar Atöni Telaumbanua usai menyerahkan surat tersebut di Kantor Bupati Nias Utara, Selasa (4/3/2023).

Atöni Telaumbanua juga menyampaikan bahwa surat diterima oleh Staf Bupati, Yanuli Waruwu, karena Bupati Nias Utara sedang berada di Jakarta.

“Tadinya, kita mau ketemu langsung dengan Bupati, namun, beliau sedang di luar Daerah, di Jakarta, namun demikian, kita berharap, beliau dapat mempertimbangkan keluhan masyarakat ini, demi menyelamatkan Desa Lasara Sawö dari ketertinggalan” ujar Atöni.

Sementara itu, salah satu tokoh Desa Lasara Sawö, Fati’aro Telaumbanua, yang juga Wakil Ketua BPD Lasara Sawö dan salah satu pelapor, sebelum para pelapor berangkat ke Lotu, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengharapkan Bupati Nias Utara dapat mendengarkan keluhan warga Desa Lasara Sawö, menghargai kearifan lokal Desa Lasara Sawö yang cukup kental dengan adat, dan bisa mengambil sikap dan kebijaksanaan dalam waktu dekat untuk mengganti Pj. Kepala Desa Lasara Sawö dan menempatkan putra Desa Lasara Sawö sebagai Penjabat Kepala Desa di Desa nya. (Bung Fakha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT