DPP HAPI Buka Pelaksanaan PKPA.

Hanya Karena Anugrah Tuhan Saya Bisa Dipercaya Sebagai Salah Satu Pengajar PKPA HAPI Tingkat Nasional.

Foto: Pembukaan PKPA DPP HAPI via zoom (Sumber: Bung Fakha)
banner 120x600

Gunungsitoli, Cahayapost.com.

Jum’at, 10 Maret 2023.

ADVOKAT

Hari ini, Jum’at (10/3/2023), DPP (Dewan Pimpinan Pusat) HAPI (Himpunan Advokat / Pengacara Indonesia) membuka pelaksanaan PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) yang dilaksanakan oleh DPP secara zoom / daring (dalam jaringan).

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Sekjend DPP HAPI, A. Yetty Lentari, S.H., M.H. di Kantor DPP HAPI Jakarta, Pukul. 09.00 WIB, karena Ketua Umum DPP HAPI, Dominggus Maurits Luitnan, S.H., M.H. sedang dalam perjalanan ke Bangka Belitung untuk sidang dalam perkara yang ditanganinya.

Adapun pelaksanaan pendidikan ini berlangsung dari tanggal 10 Maret 2023 sampai pada tanggal 19 Maret 2023 mendatang.

Acara pembukaan ini dipimpin oleh Ketua Panitia PKPA DPP HAPI, Saiful Bahri, S.H., M.H. (Ketua DPD HAPI Kalimantan Timur), dengan moderator Makkamadin Aras Nai, S.H., M.H. (Ketua Komisi Bantuan Hukum & HAM DPP HAPI), dihadiri oleh para Pengajar / Pemateri dan para Peserta PKPA sebanyak 5 orang.

Saya, Faahakhododo Telaumbanua, S.H. alias Bung Fakha, selaku Ketua DPC HAPI Kepulauan Nias juga ikut pada acara pembukaan PKPA DPP HAPI ini. Hal ini karena saya juga telah dipercaya menjadi salah satu tenaga Pengajar / Pemateri PKPA HAPI Tingkat Nasional. Semua itu hanya karena anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa, bukan karena kehebatan atau pengetahuan saya.

Setelah berkenalan dengan para Pemateri dan juga Peserta, saya sedikit terkejut, ternyata saya sepertinya yang termuda diantara semuanya. Pesertanya ternyata para senior, ada dosen, ada Purnawirawan Polri, dan lainnya. Namun, karena sudah dipercaya oleh DPP sebagai Pengajar / Pemateri, dan karena ini juga adalah amanat undang-undang, maka saya dengan senang hati mengeman tugas dan tanggungjawab ini, dan akan mencoba berbagi pengalaman praktek beracara kepada teman-teman peserta PKPA.

Saya dipercaya oleh ibu Sekjend untuk mengasuh dua materi, yakni Hukum Acara Pidana, dan Tata Cara Praperadilan Terhadap Penyidik dan Jaksa, yang jadwalnya di hari berikutnya.

Untuk PKPA HAPI tingkat Nasional, tenaga pengajarnya atau pematerinya adalah:

  1. Dominggus Maurits Luitnan, S.H., M.H. (Ketum DPP HAPI)
  2. Yetty Lentari, S.H., M.H. (Sekjend DPP HAPI)
  3. Radius Purnawira Hulu, S.T., S.H., M.H. (Waketum DPP HAPI)
  4. Makkamadin Aras Nai, S.H., M.H. (Ketua Komisi Bantuan Hukum & HAM DPP HAPI)
  5. Saiful Bahri, S.H., M.H. (Ketua DPD HAPI Kalimantan Timur)
  6. Rudolfus Tallan, S.H., M.H. (Ketua DPD HAPI NTT)
  7. Faahakhododo Telaumbanua, S.H. (Ketua DPC HAPI Kepulauan Nias).

 

Sementara, untuk peserta PKPA DPP HAPI kali ini ada 5 orang, yakni:

  1. Ir. Y.B. Tirto Suseno, S.H., M.H., M.M., M.Si.
  2. Weinand Tanasela, S.H.
  3. Hudjoli, S.Hi., M.Phil, CLA, CCFA.
  4. Muhammad Ridwan, S.H.
  5. Irjend Pol (Purn) Jhonny Siahaan, S.H., M.H.

 

Ditulis oleh: Bung Fakha (Faahakhododo Telaumbanua, S.H.)

Penulis adalah Ketua DPC sekaligus Ketua Panitia PKPA & UCA DPC HAPI Kepulauan Nias, Pengajar / Pemateri PKPA HAPI Nasional, Pimpinan Kantor Hukum Bung Fakha Tel & Rekan, Pendiri dan Direktur LBH CKM (Lembaga Bantuan Hukum Cahaya Keadilan Masyarakat), Pendiri, Pimpinan Umum / Redaksi Media Cahaya Group (Cahayapost.com, Cahayapena.com, dan Sinaryaahowu.com), serta berbagai aktivitas lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT