ADVOKAT  

Terkait Dugaan Korupsi Kades Orahili Balaekha, Polres Nias Selatan Minta APIP Lakukan Audit Investigasi.

Foto: Surat pemberitahuan perkembangan hasil penanganan Dumas. (Sumber: S.Wa’u)
banner 120x600

Teluk Dalam, Nias Selatan, Cahayapost.com

Senin, 03 April 2023

ADVOKAT

Terkait dugaan tindak pidana korupsi APBDes Orahili Balaekha, Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara, yang diduga dilakukan oleh Kades Peribadi Laia, pihak Polres Nias Selatan telah meminta Inspektorat Kabupaten Nias Selatan sebagai APIP melakukan pemeriksaan khusus / audit investigasi, guna menentukan apakah dalam pengelolaan APBDes dimaksud terdapat penyimpangan yang bersifat pidana yang dapat mengakibatkan terjadinya indikasi kerugian keuangan Negara.

Hal ini diketahui dari Surat pihak Polres Nias Selatan yang didapatkan oleh awak media ini, Nomor: B/151/III/RES.3.3/RESKRIM, tertanggal 25 Maret 2023, yang ditujukan kepada Pikiran Laia sebagai salah satu pelapor dalam Dumas / pengaduan masyarakat tertanggal 22 Juli 2021.

Setelah awak media mendapatkan informasi mengenai surat ini, lalu menghubungi Ketua BPD Orahili Balaekha, Ta’atulö Bu’ulölö, Kamis (30/3/2023), Ta’atulö membenarkan bahwa surat dari Polres Nisel tersebut telah mereka terima pada Kamis, (30/3/2023), diantar ke rumah Pikiran Laia oleh salah seorang kurir JNE.

Ta’atulö juga mengatakan, pihaknya berterimakasih atas adanya respon Polres Nias Selatan terakhir ini, bahwa sudah tergerak hati untuk menindaklanjuti kasus ini, meskipun sudah hampir 2 tahun sejak dilaporkan.

“Kami mengucapkan terimakasih, namun disisi lain hati kami juga merasa kecewa dan sedih, bahkan kurang percaya kerjanya Polres Nisel karena sudah 2 tahun kurang lebih baru direspon karena kami sudah minta tolong kepada media Cahayapena.com untuk menelusuri laporan kami sehingga dengan usaha Cahayapena.com baru Polres Nisel memberitahukan kepada kami hasil perkembangan Laporan kami yang dibawa langsung oleh Kurir JNE pada hari kamis 30 Maret 23 sore hari” ucap Ta’atulö Bu’ulölö.

Sementara itu, Wakil Ketua BPD, Pikiran Laia, sebagai penerima surat, saat dikonfirmasi media ini, Kamis (30/3/2023), mengatakan pihaknya dan masyarakat Desa Orahili Balaekah sangat berterimakasih kepada Media Cahayapena.com (Group Cahayapost.com dan Sinaryaahowu.com – Red) atas partisipasinya untuk mengungkit kasus dugaan korupsi di desanya ini dengan terlapor Kades Orahili Balaekha Peribadi Laia.

“Kami masyarakat Desa Orahili Balaekha berharap agar Inspektorat Nias Selatan benar benar memeriksa dan mengaudit Dana Desa dan ADD di Orahili Balaekha” tegas Pikiran Laia. (S.Wau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT