Pemkab Nias Peringati Hari Sumpah Pemuda ke – 94.

Foto: Bupati Nias, Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.M pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Nias. (Sumber: YanW / Diskominfo Kab. Nias)
banner 120x600

Gidö, Nias, Cahayapost.com

Senin, 31 Oktober 2022.

ADVOKAT

Pemerintah Kabupaten Nias memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022. Upacara peringatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Nias, Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.M sebagai Pembina Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Hiliweto Gidö, Jum’at (28/10/2022)

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali yang disampaikan oleh Bupati Nias bahwa Thema Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 adalah Bersatu Bangun Bangsa.

Foto: Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Nias. (Sumber: YanW / Diskominfo Kab. Nias)

Dikatakannya, acara ini merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inpirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah pemuda 28/10/1928, lanjutnya, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan, sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Foto: Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Nias. (Sumber: YanW / Diskominfo Kab. Nias)

Lebih lanjut dikatakan, para pemuda dalam memelapori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia” tambahnya.

Thema peringatan hari sumpah pemuda saat ini, lanjutnya, adalah Bersatu Bangun Bangsa. Thema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus di kuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan, mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.” Katanya.

Dikatakan lagi, semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang bersatu, adil dan makmur, merdeka, berdaulat secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Foto: Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Nias. (Sumber: YanW / Diskominfo Kab. Nias)

“Akhirnya marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa, semoga Tuhan yang Maha Esa, Allah yang Maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia” harapnya.

Hadir pada pacara peringatan hari sumpah pemuda ke-94 Tahun 2022 di Kabupaten Nias, Wakil Bupati Nias Arota Lase, Ketua DPRD Kabupaten Nias, unsur pimpinan Forkopimda Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, para pejabat eselon II lingkup Pemkab Nias, TNI/POLRI, ASN lingkup Pemkab Nias, Pemuda Pancasila, para mahasiswa dan siswa SMA beserta lainnya. (YanW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT