Pemkab Nias Barat Terima Penghargaan Dari BPJS Kesehatan.

Foto: Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu saat menerima penghargaan dari BPJS Kota Gunungsitoli. (Sumber: BW)
banner 120x600

Lahömi, Nias Barat, Cahayapost.com

Sabtu, 21 Januari 2023.

ADVOKAT

Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Propinsi Sumatera Utara menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan atas capaian Universal Healt Coverage (UHC).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kota Gunungsitoli, Mahyudi, kepada Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Jum’at (20/1/2023) di Ruang Aekhula, Kantor Bupati Nias Barat di Onolimbu, Kecamatan Lahömi.

Pada kesempatan itu, Kepala BPJS Gunungsitoli menyampaikan  rasa terimakasih dan sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang sudah mencapai UHC, ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Barat benar-benar memiliki komitmen dalam memberikan perlindungan kepada masyarakatnya secara khusus dibidang kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Nias Barat.

“Pemberian Piagam Penghargaan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) ini adalah merupakan perbandingan lebih dari 95% warga masyarakat sudah terlindungi dan menerima program BPJS” sebut Mahyudin.

Dikatakannya lagi, keuntungan dari UHC ini diantaranya, masyarakat yang baru mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, tidak lagi harus menunggu satu bulan untuk mendapatkan pelayanan, tetapi begitu mendaftar maka langsung mendapatkan pelayanan kesehatan melalui BPJS.

“Sebagai Kepala BPJS Gunungsitoli, kita sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat peserta BPJS, dalam hal ini kita mengharapkan dukungan dari Bapak Bupati Nias Barat untuk bersama-sama memperbaiki infrastruktur, sarana, agar semakin hari kerjasama ini semakin membaik dan pelayanan kepada masyarakat juga semakin baik” ucap Mahyudi.

Sementara itu, Bupati Nias Bara usai menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa Penghargaan dari BPJS ini adalah berkat Tuhan kepada seluruh masyarakat Nias Barat, dan merupakan sebuat komitmen sebagai Pemerintah Daerah untuk hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Khenoki juga menyampaikan rasa terimakasih atas keuletan dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat, yang telah bekerja sesuai dengan kemampuannya untuk melakukan yang terbaik kepada seluruh masyarakat, dibidang kesehatan.

Lebih lanjut, Khenoki juga mengucapkan terimakasih atas kerja sama yang baik dari pihak BPJS sehingga pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Nias Barat sedikit ada perbaikan dari waktu ke waktu, sehingga hari ini Pemerintah Kabupaten Nias Barat mendapatkan UHC.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan kerjasama komitmen antara Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat dengan BPJS, yang ditandatangani oleh Sabahati Gulo selaku Kadis Kesehatan Nias Barat, dan Mahyudin selaku Kepala BPJS Gunungsitoli.

Acara ini, turut dihadiri oleh Para Pimpinan OPD, Sekdis Kesehatan dan Para Kepala Puskesmas se-KabupatenNias Barat.

Terkait hal ini, Kepala Puskesmas Rawat Inap Lölöfitu Moi, Triniati Harefa, A.Md.Keb., S.K.M ketika dikonfirmasi media ini, menyampaikan rasa terimakasih dan kebanggaannya atas apa yang telah dicapai oleh Pemerintah Daerah saat ini pada bidang kesehatan dibawah Kepemimpinan Khenoki Waruwu sebagai Bupati Nias Barat.

“Sejak beberapa tahun terbentuknya Kabupaten Nias Barat, barulah hari ini menerima Penghargaan atas capaian UHC, dengan capaian ini maka sebagai Kepala Puskesmas mengharapkan agar kedepannya pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal, sehingga seluruh masyarakat tidak lagi mudah pergi ke dukun apabila sakit, tetap dengan sigap mau dilayani di Puskesmas maupun Rumah Sakit” kata Triniati.

Dikatakannya lagi, Pemerintah Daerah sekarang semakin perhatian dengan kesehatan seluruh masyarakat Nias Barat dengan hadirnya Mobil Ambulance “Soguna Bazato” yang selalu sigap dalam memberikan pelayanan untuk mengantar dan menjemput masyarakat, baik ke Puskesmas maupun ke Rumah Sakit.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Non Rawat Inap Mandrehe Utara, Erika Susanti Lase, A.M.Kep. kepada awak media ini saat dihubungi melalui telephon selulernya. Dikatakannya bahwa dengan Piagam Pengharagaan ini, maka diharapkan agar Nomor Induk Kependudukan (NIK) masyarakat bisa terintegrasi dengan Nomor BPJS Kesehatan, sehingga semua masyarakat Nias Barat dapat terlayani melalui jaminan BPJS tanpa terkecuali.

Erika juga berharap, Pemerintah Kabupaten Nias Barat bisa lebih lagi memberi perhatian kepada tenaga kesehatan, dan juga pelayanan kesehatan secara khusus di Puskesmas Non Rawat Inap Mandrehe Utara. (BW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT