Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Laksanakan Rapat Forkopimda.

Foto: Bupati Nias Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.Si pimpin rapat Forkopimda Kab. Nias. (Sumber: YanW)
banner 120x600

Gunungsitoli, Cahayapost.com.

Kamis, 03 Nopember 2022.

ADVOKAT

Pemerintahan Daerah Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara laksanakan Rapat Forkopimda dalam rangka mendukung pelaksanaan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Pemerintah di daerah serta membangun sinergitas hubungan antar unsur pimpinan di daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Bupati Nias, Kelurahan Pasar, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara, Senin (31/10/2022)

Bupati Nias Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini, terdapat isu-isu aktual yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat, yakni: pelaksanaan Pilkades serentak, dan tingginya intensitas curah hujan yang berpotensi mengakibatkan bencana.

“Saya mengharapkan sinergitas yang baik dalam mengambil kebijakan dan langkah-langkah yang dianggap perlu untuk meningkatkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Nias” ujar Ya’atulö.

Dikatakannya lagi, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Forkopimda akan melakukan koordinasi agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik seperti, koordinasi pengambilan tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh daerah dan / atau masyarakat di wilayah Kabupaten Nias, koordinasi pengambilan keputusan strategis guna menjaga stabilitas daerah, penanganan masalah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Nias, koordinasi, pemantauan dan fasilitasi penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di wilayah Kabupaten Nias, deteksi dini, cegah dini dan penanganan dini potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik di Wilayah Kabupaten Nias, dan kegiatan lainnya berdasarkan hasil keputusan Forkopimda di wilayah Kabupaten Nias sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemerintah Kabupaten Nias, lanjutnya, akan menjalin kerjasama dengan Kejari Gunungsitoli tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara pada wilayah hukum Pemerintah Kabupaten Nias khususnya dalam penanganan dana bergulir.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Nias juga akan menjalin kerjasama dengan Kodim 0213/Nias tentang dukungan pelaksanaan kegiatan Karya Bakti TNI di wilayah Kabupaten Nias. “Semoga kerjasama ini dapat menjadi wujud sinergitas kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias” harap Bupati Nias.

Setelah melalui rangkaian pembahasan dan pemaparan, rapat diakhiri dengan penandatanganan perjanjian kerjasama, MoU dan NPHD

Adapun MoU yang ditandatangani antara lain, MoU Pemkab Nias dengan Kodim 0213/Nias tentang dukungan pelaksanaan Karya Bhakti TNI Komando Distrik Militer 0213/Nias, MoU antara Pemkab Nias dengan Kejari Gunungsitoli tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha Negara di Wilayah Hukum Kabupaten Nias.

Foto: Bupati Nias Ya’atulö Gulö, S.E., S.H., M.Si foto bersama Forkopimda usai pelaksanaan rapat. (Sumber: YanW)

Kemudian, perjanjian kerjasama antara Kejari Gunungsitoli dengan Kadis Koperasi, UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Nias tentang penanganan / penagihan dana bergulir yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias TA 2013 s/d 2016.

Sementara Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani adalah, NPHD antara Pemkab Nias dengan Polres Nias tentang perjanjian belanja hibah untuk Mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Nias Tahun 2022, dan NPHD antara Pemkab Nias dengan Kodim 0213/Nias tentang perjanjian belanja hibah untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Nias Tahun 2022. (YanW)

Hadir pada rapat tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Ketua DPRD Kabupaten Nias, Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213/Nias, Kajari Gunungsitoli, Danlanal Nias, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Nias. (YanW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT