DESA  

Pemdes Ononamõlõ II Salurkan BLT-DD Ekstrim Tahap I Tahun 2024 Kepada 74 KPM.

Foto: Pembagian BLT DD di Desa Ononamõlõ II. (Sumber: Bõwõnama Waruwu)
banner 120x600

Mandrehe Utara, Nias Barat, Cahayapost.com

Pemerintah Desa Ononamõlõ II, Kecamatan Mandrehe Utara, Kabupaten Nias Barat, Propinsi Sumatera Utara, salurkan BLT-Desa Ektrim Tahap I Tahun 2024 kepada 74  KPM, untuk bulan Januari s/d Juni 2024, Kamis (13/6/2024) pagi di Kantor Desa Ononamõlõ II.

ADVOKAT

Adapun besaran BLT – DD Ektrim per bulan per KPM sebesar Rp. 300.000, sehingga pada pembagian tahap I ini, setiap KPM mendapatkan sebesar Rp. 1.800.000.

Pembagian BLT-DD Ekstrim ini turut dihadiri oleh Ketua BPD, Camat Mandrehe Utara yang diwakili oleh Kasi PMD, PD Kamarianus Gulõ,  PLD  Hayati Ndruru, seluruh Perangkat Desa Ononamõlõ II, dan seluruh KPM.

Pj. Kades Ononamõlõ II, Augustinus Waruwu, S.Pd saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa program BLT-DD ini adalah program yang diamanatkan oleh Pemerintah Pusat melalui Permendagri Nomor 145 Tahun 2023 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 yang mana diantaranya adalah BLT-DD sebesar 25% dari pagu anggaran Dana Desa.

“Kita perlu bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dan Kecamatan yang mana BLT-Dana Desa bisa kita salurkan pada hari ini kepada masyarakat yang 74 KPM, yang mana BLT-Dana Desa ini dianggarkan melalui APBDes Desa Ononamõlõ II TA.2024.” ujar Augustinus.

Ketua BPD Ononamõlõ II, Kezozisõkhi Waruwu dalam sambutannya berpesan agar KPM dapat mempergunakan dana ini untuk kebutuhan keluarga, terlebih-lebih untuk kebutuhan sekolah anak.

Hal senada juga disampaikan oleh Pendamping Desa, Kamarianus Gulõ dalam sambutannya.

Camat Mandrehe Utara yang diwakili Kasi PMD Alberta Fo’amenesi Lahagu, S.Kep. dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa BLT-DD ini bermula dari dampak Covid-19 pada tahun 2020 yang lalu, sehingga Pemerintah berkewajiban untuk meluncurkan program yang berkelanjutan untuk membantu masyarakat miskin / kurang mampu melalui BLT-DD  yang belum bisa tertampung pada program bantuan sosial, baik PKH, BPNT maupun bantuan lain yang diluncurkan melalui Dinas Sosial.

“Oleh karena itu, diharapkan agar keluarga penerima manfaat BLT-DD yang 74 KPM supaya bisa menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan ekonomi keluarga, karena BLT-DD ini belum tentu masih direncanakan pada tahun 2025 yang akan datang.” Ujar Camat yang mewakili.

Camat Mandrehe Utara juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta rasa kondusif ditengah-tengah masyarakat.

“Apalagi menjelang pesta demokrasi kedepan, dalam hal ini Pilkada dan Pilgubsu, mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, berbeda bukan berarti bermusuhan, namun perbedaan diantara masyarakat kita jadikan suatu hiasan untuk saling menghargai dan bukan untuk menjatuhkan.” Ujar Alberta mewakili Camat.

Ia juga mengharapkan kepada keluarga penerima manfaat BLT-DD agar tetap membantu Pemerintah dalam mensukseskan segala pembangunan yang ada di desa, apalagi pada tahun 2024 ini Desa Ononamõlõ II mendapatkan bantuan Pembangunan Jalan dari Desa Hili’usõ Kecamatan Lõlõfitu Moi menuju Desa Ononamõlõ II dengan anggaran lebih Rp. 10 Milyar. Untuk itu, diharapkan agar masyarakat bisa menjaga kenyamanan pihak kontraktor supaya pembangunan ini jangan sampai putus di tengah jalan. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT