ADVOKAT  

KPU Kabupaten Nias Selatan Laksanakan Sosialisasi Aplikasi SIAKBA.

Foto: Pelaksanaan sosialisasi SIAKBA oleh KPU Kab. Nias Selatan (Sumber: SarT)
banner 120x600

Teluk Dalam, Nias Selatan, Cahayapost.com.

Senin, 07 Nopember 2022.

ADVOKAT

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan laksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan ad-hoc). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Sem Hotel, Jl. Imam Bonjol, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (05/11/2022)

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Nias Selatan, Repa Duha menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Nias Selatan tentang sistem informasi aplikasi SIAKBA yang dibuat oleh KPU RI untuk Pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.

Dikatakannya lagi, aplikasi ini dapat dipergunakan untuk mempermudah masayarakat yang berniat mendaftarkan diri sebagai PPK, PPS, KPPS dan Badan Ad-hoc pada pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.

“Kita berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini, dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat terkait cara penggunaan aplikasi SIAKBA, khususnya pada perekrutan PPK, PPLN dan KPPS yang dilakukan secara online pada bulan ini” ucap Repa Duha.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Nias Selatan, Yulianus Gulo menyampaikan bahwa, Aplikasi SIAKBA merupakan seperangkat sistem teknologi informasi yang berbasis Web dalam rangka memfasilitasi tahapan seleksi anggota KPU Provinsi / Kabupaten / Kota, dan Badan Ad hoc, PPK, PPS, PPLN, KPPS, PAW anggota KPU Provinsi / Kabupaten / Kota dan Badan Ad hoc, pengelolaan data & dokumentasi administrasi berkelanjutan.

Yulianus menjelaskan bahwa cara daftar akun SIAKBA KPU, login pendaftaran PPK dan PPS 2022 Pemilu 2024, akses laman website http://SIAKBA.kpu.go.id/login untuk masuk ke aplikasi SIAKBA, anda diminta untuk login terlebih dahulu, jika belum memiliki akun, buat akun klik untuk daftar, lalu masukkan nama lengkap, alamat email dan NIK, masukkan password dan konfirmasi password, dan selanjutnya klik register.

Dipaparkannya, fungsi dari SIAKBA 2024 ini, yakni pengelolaan tahapan seleksi, pengelolaan PAW, pengelolaan informasi publik, pengelolaan data & dokumen administrasi, pengelolaan akun dan bantuan. dengan aplikasi SIAKBA ini, masyarakat dapat mengakses data para PPK, PPS, KPPS dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan Pemilu serentak Tahun 2024.

Dia menambahkan bahwa untuk jadwal pendaftaran, criteria / persyaratan masih dalam draf, karena masih menunggu petunjuk dari KPU-RI, dalam waktu dekat bulan november tahun 2022 ini akan diinformasikan, baik melalui akun Facebook KPU Nias Selatan, Instagram, dll.

“KPU Kabupaten Nias Selatan akan merekrut anggota PPK sebanyak 175 orang dari 35 Kecamatan dan anggota PPS sebanyak 1.383 orang dari 461 Desa se-Kabupaten Nias Selatan,  itu diharuskan melalui aplikasi SIAKBA” ucap Yulianus Gulo.

Hadir pada acara ini, mewakili Kapolres Nias Selatan, mewakili Danlanal Nias, mewakili Danramil Teluk Dalam, mewakili Kaban Kesbangpol Nias Selatan, GMNI Kabupaten Nias Selatan,  sejumlah LSM / Pers dan undangan lainnya. (SarT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT