Dinas Damkar dan Penyelamatan Surabaya Adakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran di Manukan Kulon.

Foto: Pemaparan materi dalam ruangan oleh M. Mundhir (Sumber: Rendra)
banner 120x600

Surabaya, Cahayapost.com

Untuk pencegahan kebakaran awal yang terjadi di lingkungan, Kelurahan Manukan Kulon dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan di Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Senin (10/10/2022).

ADVOKAT

Sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan ini adalah perihal tata cara atau tehnik penggunaan alat pemadam api ringan atau APAR. Hal ini agar saat terjadinya titik api awal kebakaran dapat dengan mudah dilakukan penanggulan serta pemadamannya.

Foto: Praktek lapangan yang dipandu oleh Karmani (Sumber: Rendra)

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di aula Kelurahan Manukan Kulon dengan pemateri M. Mundhir, Koordinator Pembinaaan Masyarakat dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Lurah Manukan Kulon, Drs. Misbahal Munir menyampaikan pentingnya pelatihan ini di lakukan agar dapat menjadi pengetahuan serta pembelajaran bagi para Satuan Tugas (SATGAS) dan Kader Surabaya Hebat (KSH) di lingkungan wilayahnya.

Foto: Foto bersama peserta, Narasumber dan Pemerintah Kelurahan usai kegiatan (Sumber: Rendra)

Sementara itu, Mundhir pada pemaparan materinya mengatakan bahwa ada 3 unsur dalam teori api, yaitu bahan bakar, sumber panas / suhu dan oksigen.

“Dalam pencegahan di upayakan salah satu dari ke tiga unsur tersebut dapat di kendalikan dan dapat di padamkan dulu” ujar Mundhir.

Adapun peserta sosialisasi dan pelatihan ini adalah satu perwakilan SATGAS dan Koordinator KSH dari masing masing wilayah RW 1 s/d 15 di Kelurahan Manukan Kulon. Pantauan Wartawan di lapangan, para peserta terlihat semangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Selesai pemaparan materi, kemudian di lanjutkan praktek lapangan yang di pandu oleh Karmani selaku pemateri lapangan tentang pemadaman api dengan alat pemadam api ringan (APAR) juga cara menggunakan karung yang sudah di basahi dengan air. (Rendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT