APBDes Seriwa’u TA. 2021 Disinyalir Lebih Mementingkan Pemberdayaan Kades dan Aparat Desa.

Foto: Pembagian perahu nelayan di Desa Seriwa’u dari dana APBDes TA. 2021 lalu (Sumber: ZulM)
banner 120x600

Sawö, Cahaya Post .Com.

APBDes Seriwa’u, Kecamatan Sawö, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021 disinyalir lebih mementingkan pemberdayaan Kades dan Aparat Desa.

ADVOKAT

Hal ini dikatakan salah seorang warga Desa Seriwa’u, Mazmun Zai alias Ama Rahmat Zai kepada media ini, Selasa (18/10/2022)

Dikatakannya, Kepala Desa dan Aparat Desa Seriwa’u lebih mementingkan pemberdayaan diri mereka ketimbang masyarakat Desa yang kurang mampu.

Dibeberkannya, pada saat pembagian pemberdayaan masyarakat berupa perahu mesin beserta mesinnya, beberapa orang dari Pemerintah Desa menerima pemberdayaan dimaksud, termasuk Kepala Desa Ahmad Nazir Telaumbanua, Sekdes Masdar Telaumbanua, dan para Aparat Desa lainnya.

“Sementara  masih ada masyarakat desa yang belum mendapatkan pemberdayaan tersebut, di tahun 2021, dan pada saat pembagian perahu nelayan tersebut masyarakat mau mempertanyakan haknya, namun Kepala Desa menjajikan akan menganggarkannya pada tahun 2022, tetapi hingga saat ini belum ada realisasi” ujar Mazmun

Kami juga heran, lanjut Mazmun apakah Kepala Desa dan Aparat Desa yang digaji setiap bulan dari APBDes bisa menerima pemberdayaan dari APBDes?

“Kami berharap, agar hal ini dapat diaudit oleh Inpektorat Kabupaten Nias Utara, dan jika ini menyalahi aturan, agar diberikan tindakan yang tegas” harap Mazmun

Sementara itu, Kepala Desa Seriwa’u yang hendak dikonfirmasi belum bisa ditemui, dan pihak Camat, Inspektorat, Dinas PMDes, serta Bupati Nias Utara juga sedang dalam upaya konfirmasi mengenai hal ini. (ZulM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVOKAT